Latest News

Sunday, August 28, 2011

Memproduksi Hidrogen Dengan Partikel Metal

Partikel metalik kecil yang diciptakan peneliti kimia di University of Adelaide, Australia, berpotensi untuk produksi energi yang bersumber dari hidrogen yang murah, efisien, dan bersih.

Tim yang dipimpin Associate Professor Greg Metha, Head of Chemistry University of Adelaide, itu mempelajari cara nanopartikel metal dapat berperan sebagai katalis yang sangat efisien untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan oksigen dengan menggunakan radiasi matahari.

"Produksi langsung dan efisien hidrogen dari radiasi matahari akan menyediakan sumber energi terbarukan yang benar-benar ramah lingkungan," kata Metha. Ia juga yakin, hasil penelitian ini akan menjadi kontribusi signifikan pada upaya global untuk mengonversi energi surya menjadi energi kimia yang portabel.

Pada penelitian yang telah berjalan selama 14 tahun itu, para peneliti bekerja dengan gugusan metal, yang berhasil mereka ciptakan, berukuran seperempat nanometer--kurang dari 10 atom. "Gugusan ajaib" inilah yang bertindak selaku katalis super-efisien. Katalis sendiri mendorong rekasi kimia sekaligus mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan.

Proses memecah molekul air membutuhkan energi yang amat besar dan biayanya pun mahal. Dengan menggunakan radiasi matahari sebagai sumber energi, tidak akan ada emisi karbon. Dan karena gugusan metal itu bekerja dengan sangat efisien sebagai katalis, prosesnya menjadi lebih murah.

"Tujuan utamanya adalah untuk memproduksi hidrogen dari air sebagai sumber energi portabel yang murah," tukas Metha.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/1409/memproduksi-hidrogen-dengan-partikel-metal

No comments:

Post a Comment

Tags